PRINSIP ETIKA DAN TATA KELOLA PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI (TI)

Lisnada Kusumawati, Nina Mayesti

Abstract


Keberhasilan tata TI dalam organisasi sangat konsisten dalam menerapkan TI dengan tujuan organisasi dan membutuhkan audit teknologi informasi. Audit TI tujuannya adalah untuk memperbaiki poin-poin kunci atau masalah yang sering terjadi dalam proses produksi yang ada di dalam organisasi. Artikel ini menggunakan metode studi pustaka dengan pengumpulan informasi untuk mempelajari serta memahami teori dari pelbagai literatur yang berhubungan dengan penelitian. Keutamaan dari aktivitas dalam perguruan tinggi sesuai dengan fungsi utamanya, sebagai penyelenggara pendidikan salah satunya layanan akademik. Pelaksanaan layanan akademik berbasis TI.Berangkat wujud Corporate Governance, Pemerintah Kota Surabaya guna mewujudkan tujuan menjadi pemerintah kota yang profesional, akuntabel dan transparan. Evaluasi tingkat kapabilitas proses dilihat dari hasil yang melebihi, terdapat 3 proses, diantaranya: (1) Pengelolaan Operasional; (2) Pengelolaan Masalah; dan (3) Pengelolaan Keamanan. Layanan tersebut mencapai level 1 (performed process) dengan kategori atribut process performance mencapai sebagian besar yang dicapai.Penerapan COBIT 5 dengan variabel EDM, dan MEA memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kualitas layanan pada Universitas Trilogi yang diberikan melalui sistem informasi akademik, sedangkan variabel DSS tidak berpengaruh terhadap peningkatan kualitas layanan pada Universitas Trilogi yang diberikan melalui sistem informasi akademik. Layanan tersebut mencapai level 1 (performed process) dengan kategori atribut process performance mencapai sebagian besar yang dicapai. Penerapan COBIT 5 dengan variabel EDM, dan MEA memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kualitas layanan pada Universitas Trilogi yang diberikan melalui sistem informasi akademik, sedangkan variabel DSS tidak berpengaruh terhadap peningkatan kualitas layanan pada Universitas Trilogi yang diberikan melalui sistem informasi akademik.Layanan tersebut mencapai level 1 (performed process) dengan kategori atribut process performance mencapai sebagian besar yang dicapai. Penerapan COBIT 5 dengan variabel EDM, dan MEA memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kualitas layanan pada Universitas Trilogi yang diberikan melalui sistem informasi akademik, sedangkan variabel DSS tidak berpengaruh terhadap peningkatan kualitas layanan pada Universitas Trilogi yang diberikan melalui sistem informasi akademik.

Full Text:

PDF

References


Hanif, A. Giatman, M. Hadi, Ahmaddul (2020). Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi di Dinas Komunikasi dan Informatika Menggunakan Framework Cobit 5. Sains, Jurnal P-ISSN: 2303-3142 E-ISSN: 2548-857

Hassor, M. H., & Sitokdana, M. N. N. (2021). ANALISIS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA TVRI PAPUA MENGGUNAKAN COBIT 5.0 DOMAIN MEA. Sebatik, 25(2), 373–381. https://doi.org/https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1538

Krisna, M., Ade, A., Sasmita, A., Made, G., & Putri, G. A. A. (2020). Perbaikan Tata Kelola Teknologi Informasi pada Lembaga Pemerintah Daerah X. Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Komputer, 1(2), 56–66. https://doi.org/https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/download/65057/37013

Mulyo, A. U. (2017). Information Technology Governance untuk Manajemen Delivery dan Support Information Technology Menggunakan Framework COBIT 4.1 (Studi Kasus: Pemerintah Kota Surabaya). Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 6(1), 1–18. https://doi.org/https://202.89.117.136/index.php/komunika/article/view/1011

Rijal Fadli M. (2021). Memahami desain metode penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, ISSN: 1412-1271 (p); 2579-4248 (e). Vol. 21. No. 1. (2021). pp. 33-54 doi: 10.21831/hum.v21i1. 38075. 33-54

Utomo, A. P., & Mariana, N. (2011). Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi (It Governance) pada Bidang Akademik dengan Cobit Frame Work Studi Kasus pada Universitas Stikubank Semarang. Dinamik, 16(2), 139-­149. https://doi.org/https://doi.org/10.35315/dinamik.v16i2.361

Wu W, Huang T, Gong K. (2020). Ethical Principles and Governance Technology Development of AI in China. Journal Pre-proofs Research Engineering 6 Artificial Intelligence Review.

Yoga, K. M. S., & Novita, N. (2021). DAPATKAH IT GOVERNANCE DENGAN COBIT 5 MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN INFORMASI AKADEMIK? JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 7(2), 231–244. https://doi.org/https://doi.org/10.34203/jimfe.v7i2.3905




DOI: https://doi.org/10.15548/jib.v6i1.183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Copyright (c) Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang

Alamat: Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang - Pascasarjana, Jalan Jenderal Sudirman No.15, Padang Pasir, Padang Barat, Kp. Jao, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25153

Email: admin@journal.pustakauinib.ac.id