PENERAPAN BAURAN PROMOSI PADA TAMAN BACAAN MASYARAKAT RUANG BACA RIMBA BULAN KOTA PADANG PANJANG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat kunjungan masyarakat ke TBM Ruang Baca Rimba Bulan Kota Padang Panjang, sehingga berpengaruh terhadap dinamika TBM Ruang Baca Rimba Bulan Kota Padang Panjang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan bauran promosi yaitu periklanan, penjualan personal, insentif, hubungan masyarakat dan publisitas, serta pemasaran langsung pada TBM Ruang Baca Rimba Bulan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miller dan Hubirman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa penerapan bauran promosi dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan minat pengunjung dengan: (a) periklanan dilakukan dengan stiker, spanduk, papan nama, kaos dan media sosial Instagram dan Facebook (b) penjualan personal dilakukan dengan sosialisasi dan literasi tamu; (c) intensif dilakukan melalui pertunjukan musik, kompetisi, doorprize, pameran dan rekrutmen; (d) hubungan masyarakat dan publisitas dilakukan dengan bekerjasama dengan media massa dalam melakukan publisitas yang dipublikasikan di media cetak dan media sosial, menyelenggarakan kegiatan literasi, meningkatkan hubungan antar pengelola, dan menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah; (e) pemasaran langsung dilakukan melalui undangan dan whatsapp untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Penerapan bauran promosi belum optimal dilakukan oleh TBM Ruang Baca Rimba Bulan. Hal ini dikarenakan keterbatasan anggaran dan kurangnya tenaga pengelola TBM.
Full Text:
PDFReferences
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Petunjuk Teknis Pengajuan, Penyaluran, Dan Pengelolaan Bantuan TBM Rintisan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Komariah. (2018). Kegiatan Public Relations sebagai Upaya Penguatan Eksistensi Perpustakaan. Jurnal Dokumentasi dan Informasi, Hlm 197-205.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Mustafa. (2014). Promosi Jasa Perpustakaan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Rahmah, E. (2018). Akses dan Layanan Perpustakaan: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group .
Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Wisataone, V. (2018). Pelaksanaan Fungsi Hubungan Masyarakat dan Publisitas pada Organisasi Non-Profit. Jurnal Efisiensi-Kajian Ilmu Administrasi, Vol.xv No.1 Hlm.15-27.
DOI: https://doi.org/10.15548/jib.v6i2.225
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Alamat: Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang - Pascasarjana, Jalan Jenderal Sudirman No.15, Padang Pasir, Padang Barat, Kp. Jao, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25153
Email: admin@journal.pustakauinib.ac.id pustakapusatuinib@gmail.com