ANALISIS KUALITAS LAYANAN E-RESOURCES TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG BERDASARKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN E-S-QUAL

Hanif Aniq Arrahman

Abstract


Kepuasan pemustaka merupakan hal yang penting bagi UPT Perpustakaan Negeri Padang. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kepuasan pemustaka adalah dengan penerapan layanan e-resources yang baik untuk mempermudah pemustaka mendapatkan informasi secara digital, tampa batasan waktu dan tempat. Namun, berdasarkan wawancara dan observasi awal masih terdapat pemustaka yang merasa belum puas dengan kualitas layanan e-resources UPT Perpustakaan Negeri Padang.  Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh kualitas layanan e-resources UPT Perpustakaan Negeri Padang terhadap kepuasan pemustakanya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menerapkan metode Webqual 4.0 dan E-s-qual sehingga terdapat 25 pertanyaan yang terdiri dari 5 dimensi variabel, yaitu usability, information quality, service interaction quality, System Availability dan  User satisfaction. Untuk memperoleh data dilakkan dengan cara peneybaran quisioner dilakukan secara online kepada responden. Berdasarkan temuan penelitian menunjukan variabel kepuasan pengguna (user satisfaction) terhadap kualitas layanan e-resources memiliki skor rata-rata sebesar 3.10, bahwa kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan e-reources tergolong pada kategori baik. Dan Berdasarkan pengujian koefisien determinasi melalui uji regresi linear berganda memiliki nilai sebesar 56 %. Jadi, kualitas layanan e-resources menggunakan metode webqual 4.0 dan e-s-qual berpengaruh sebanyak 56% terhadap kepuasan pengguna di UPT  Perpustakaan Universitas Negeri Padang, sedangkan sisanya sebesar 44% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Barnes, S. J & vidgen, R . T, (2002) Webqual: An Exploration of Web- site quality Assiation of informaton system AIS Electronik lyrary 74

IFLA. (2012). Key Issues for E-Resources Collection Development: a guide for libraries. Acquisition and Collection Development Section, August 2012.. Tersedia pada : http://www.ifla.org

Johnson, S. O. (2012). Key Issues for E-Resources Collection Development: a guide for libraries.Acquisition and Collection Development Section. International Federation of Library Associations and Institutions.

Parasuraman et al. (2005). E-S-QUAL: A Multiple-Item Scale for Assessing Electronic Service Quality. miami: United States : Univeristy of Miami.




DOI: https://doi.org/10.15548/jib.v6i2.226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat: Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang - Pascasarjana, Jalan Jenderal Sudirman No.15, Padang Pasir, Padang Barat, Kp. Jao, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25153

Email: admin@journal.pustakauinib.ac.id pustakapusatuinib@gmail.com