PERAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI
Abstract
Pengenalan dan upaya dalam menanamkan kemampuan literasi pada masyarakat akan mempengaruhi karakter, menambah pengetahuan dan sebagai solusi dalam kehidupan. Namun pada nyatanya, minat baca masyarakat masih tergolong rendah. Survei yang dilakukan oleh Perpusnas 2015 menunjukkan bahwa hanya 35% aktivitas untuk membaca, artinya masyarakat hanya membaca buku sekitar 2 jam per hari, sedangkan 65% lainnya adalah aktivitas selain membaca seperti menonton TV dan bermain smartphone. Tulisan ini menggunakan tipe penelitian kualitatif dekskriptif. Penelitian ini bertujuan agar TBM atau Taman Bacaan Masyarakat salah satu lembaga nonformal yang menyediakan sarana bahan bacaan bagi masyarakat dan pendidikan karakterter kepada anak-anak untuk mengenalkan dan mengembangkan literasi, pengetahuan, dan andil dalam membentuk karakter anak-anak. Hasilnya TBM sebagai fasilitator bacaan masyarakat akan membentuk karakter kepemimpinan anak melalui aktivitas-aktivitas yang dilakukan seperti membaca buku-buku Islami mengenai kepemimpinan Rasulullah, pendidikan karakter, aturan bermasyarakat, bersilahturahmi dengan sebayanya, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan literasi kepada masyarakat dan mendukung program pemerintah Gerakan Literasi Nasional (GLN).
Full Text:
PDFReferences
, B. (2021). Agung Prayogo : Taman Bacaan Masyarakat Jiwa Khatulistiwa Membangun Literasi Dari Desa. Metro 24 SUMUT. https://metro24sumut.com/2021/08/28/agung-prayogo-taman-bacaan-masyarakat-jiwa-khatulistiwa-membangun-literasi-dari-desa/
Basalamah, M. R., & Mohammad Rizal. (2020). Penyediaan Rumah Baca Masyarakat Sebagai Solusi Cerdas Mengawali Budaya Membaca. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 36–42. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3756
Erwin Rifal Fauzi, N. W. (2018). Penerapan Pendidikan Inklusif Pada Program Kesetaraan di PKBM Srikandi. Jurnal Comm-Edu (Community Education Journal),1(2),30–35. Upaya_Dosen_Kewirausahaan_Sebagai_Faktor_Determinatif_Dalam_Menumbuhkan_Motivasi_Wirausaha_Mahasiswa_Ikip_Siliwangi
Friantary, H. (2019). Budaya Membaca Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 66.
https://doi.org/10.29300/disastra.v1i1.1485
Gong, G. A., & Irkham, A. M. (2012). Gempa Literasi Dari Kampong Untuk Nusantara. Gramedia.
Hartono. (2016). Manajemen Perpustakaan Sekolah Menuju Perpustakaan Modern dan Professional. AR-Russ Media.
K. H Timotius. (2016). Kepemimpinan dan Kepengikutan Teori dan Perkembangannya. Andi.
Kalida, M. (2012). Fundraising Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Aswaja dan Cakruk Publishing.
Marzuki, M. (2021). Inspiratif! Mahasiswa UIN Sumut Agung Prayogo Dirikan Taman Baca untuk Bantu Anak-anak Terdampak Covid-19. Jurnal Medan pPkiran Rakyat.
Maxwell, J. C. (2017). The 5 Leves of Leadership. PT. Menuju Insan Cemerlang.
Moleong. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosda Karya.
Neuman, W. L. (2013). Metodologi Penelitian Sosial : Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif (7 ed.). PT. Indeks.
Nur’aeni, R. (2019). Membangun Masyarakat Gemar Belajar Melalui Program Revitalisasi TBM Bening Saguling. Comm-Edu (Community
Education Journal), 2(1), 23. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i1.2472
Oberman, R., Dobbs, R., Budiman, A., Thompson, F., & Rossé, M. (2012). The archipelago economy: Unleashing Indonesia’s potential. Institute McKinsey Global. https://www.mckinsey.com/featured-insights/asia-pacific/the-archipelago-economy
Prof. Dr. Atmazaki, M. P., Nur Berlian Venus Ali, M. S. E., Wien
Muldian, S. S., Miftahussururi, S. P., Nur Hanifah, M. P., Meyda
Noorthertya Nento, B. S., & Qori Syahriana Akbari, S. H. (2017). Gerakan Literasi Nasional. In Panduan Gerakan literasi Nasional (hal. 3). GLN Kemendikbud.
Sari, L. (2019). Gerakan Literasi Keluarga Milenial,. CV. Pustaka Media Guru.
Spoyan, G., Komarudin, Y. T. S., & Rullyana, G. (2017). Implementasi Fungsi Pengorganisasian Taman Bacaan Masyarakat (Studi Kasus Pada Microlibrary Taman Bima Kota Bandung). Journal of Library and Information Science, 4(1), 27–34. https://ejournal.upi.edu/index.php/edulibinfo/article/view/10202
Subbidang Pengembangan Minat Dan Budaya Baca Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Istimewa, Y. (2019). Ontologi Kepustakawan. Grava Media.
Subini, N. (2015). Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak (3 ed.). Javalitera.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33
Yatviko, D. (2022). Polsek Perbaungan Tangkap Bandar Sabu Di Bobongan, Jambur Pulau. SERGAI (Utama News. COm). https://www.utamanews.com/hukum-keamanan/Polsek-Perbaungan-Tangkap-Bandar-Sabu-Di-Bobongan--Jambur-Pulau
DOI: https://doi.org/10.15548/jib.v6i2.235
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright (c) Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang
Alamat: Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang - Pascasarjana, Jalan Jenderal Sudirman No.15, Padang Pasir, Padang Barat, Kp. Jao, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25153
Email: admin@journal.pustakauinib.ac.id pustakapusatuinib@gmail.com