KEGIATAN KURENAH SEBAGAI MEDIA PROMOSI LAYANAN ANAK

Anjela Fitriyanti, Yona Primadesi

Abstract


This study aims to describe kurenah activities as a media for promoting child services at the Padang Panjang City Library and Archives Service. This study uses descriptive qualitative research methods, with data collection techniques namely observation, interviews and documentation. The data analyst uses Miles and Huberman's model theory, namely data reduction, data presentation and verification. The results showed that kurenah activities as a media for promoting children's services at the Padang Panjang City Library and Archives Service could make children and parents visit children's services by: (a) attracting the attention of children and parents supported by services. children's librarians, children's collections, children's service facilities, and service conditions; (b) generating interest (interest) of children and parents is carried out by holding supporting activities, such as the use of promotional media, and giving rewards; (c) desire (desire) arises as evidenced by children and parents asking when the activities are carried out and benefits obtained from participating in activities; (d) action obtained from kurenah activities as a media for promoting child services, namely increasing the number of visits to children's services and children who have never visited the library in the end visited the library.

Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan kegiatan kurenah sebagai media promosi layanan anak di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan kurenah sebagai media promosi layanan anak di Dinas perpustakaan dan kearsipan Kota Padang Panjang dapat membuat anak-anak dan orang tua berkunjung ke layanan anak dengan: (a) menarik perhatian (attention) anak-anak dan orang tua didukung dengan pelayanan pustakawan anak, koleksi anak, fasilitas layanan anak, dan kondisi layanan; (b) memunculkan ketertarikan (interest) anak-anak dan orang tua dilakukan dengan mengadakan kegiatan penunjang, seperti penggunaan media promosi, dan pemberian reward;(c) keinginan (desire) timbul dibuktikan oleh anak-anak dan orang tua menanyakan kapan pelaksanaan kegiatan dan manfaat yang diperoleh jika mengikuti kegiatan; (d) tindakan (action) di peroleh dari kegiatan kurenah sebagai media promosi layanan anak yaitu meningkatnya jumlah kunjungan pada layanan anak dan anak-anak yang tidak pernah mengunjungi perpustakaan pada akhirnya mengunjungi perpustakaan.


Full Text:

PDF

References


Dewanthy, F. E. P., Andajani, K., & Ernaningsih, D. N. (2018). Layanan Anak pada Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang.

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 2(2), 8.

Ismail, D. T. T. (2021). Analisis Elemen AIDA pada Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi Perpustakaan di Dinas dan Perpustakaan Kabupaten Bandung. Palimpsesi: Journal of Information and Library Science, 12(1), 11.

Jannah, H. (2022). Pengelolaan Layanan Anak di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Barito Kuala. Skripsi. Universitas Islam Negeri Antasari Banjar Masin.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lasa Hs. (2009). Kamus Kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Book Publiser.

Munisah, S. (2019). Kegiatan Mempromosikan Perpustakaan: Sebuah Pendekatan Teoritis. Jurnal Perpustakaan, 10(1), 6.

Putri, L. L. E., & Subekti, S. (2017). Pengaruh Pemberian Reward

pada Pola Pembinaan Minat Baca Pemakai di Taman Baca Masyarakat

Lentera Hati Desa Sukomangli Kecamatan Reban Kabupaten Batang.

Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 13.

Undang-undang Nomor 43Tahun 2007 Tentang Perpustakaan




DOI: https://doi.org/10.15548/jib.v7i1.245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anjela Fitriyanti, Yona Primadesi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat: Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang - Pascasarjana, Jalan Jenderal Sudirman No.15, Padang Pasir, Padang Barat, Kp. Jao, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25153

Email: admin@journal.pustakauinib.ac.id pustakapusatuinib@gmail.com