ANALISIS PROGRAM KEGIATAN PENDIDIKAN PEMUSTAKA (USER EDUCATION) BAGI MAHASISWA BARU DALAM MEMANFAATKAN LAYANAN PERPUSTAKAAN
Abstract
Tujuan penelitian ini menganalisis bagaimana pendidikan pemustaka yang telah dilakukan, dan bagaimana pemanfaatan layanan sekaligus apa kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan pemustaka di lingkungan UPT Pusat Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan menjadi kajian dalam penelitian. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan menyajikan data yang diperoleh dengan memperhatikan penjabaran kalimat demi kalimat yang sesuai dengan informasi yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil yang diperoleh setelah melaksanakan penelitian dan analisis terhadap data yang diperoleh yaitu; pendidikan pemustaka yang dilaksanakan di UPT Pusat Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan sampai pada saat penelitian dilakukan berada pada kategori baik. Pemanfaatan layanan perpustakaan meningkat pada rentang 40,9 % setelah dilaksanakan pendidikan pemustaka bagi mahasiswa baru, Kendala yang dihadapi pada saat melaksanakan pendidikan pemustaka antara lain; tidak dapat diberlakukannya kunjungan langsung bagi mahasiswa disebabkan jumlah mahasiswa tidak sebanding dengan kesediaan waktu. User tidak dapat serta merta menelusur koleksi non tercetak karena peraturan ma’had yang tidak memperbolehkan android bagi mahasiswa baru selama tinggal di asrama. Sarana prasana yang kurang memadai dan pembiayaan kegiatan yang masih kurang mencukupi menjadi kendala tersendiri yang patut jadi pertimbangan.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Tafsir, Filsafat Pendidikan Islami, Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2012.
Andi Ibrahim, Manajemen dan Administrasi Perpustakaan, Makasar : Syahadah, 2016.
Grantino One Pradhika, Pengaruh Pendidikan Pengguna (User Education) Terhadap Pemanfaatan Layanan Perpustakaan di UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Suakarta Ibrahim Bafadal, Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 1992.
Lasa Hs, Petunjuk Praktis Pengelolaan Perpustakaan Masjid Dan Lembaga Islamiyah, Yogyakarta: Gadzah Mada University Press, 1994.
Laxy J, Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi Bandung: Remaja Rosdykarta, 2006.
Safrudin Azis, Perpustakaan Ramah Difabel, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompotensi dan Prakteknya, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Syafaruddin (Ed), Bimbingan dan Konseling Persefektif Al-Quran dan Sains, Medan : Perdana Publishing, 2017. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.
Wiji Suwarno, Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan : sebuah Pendekatan Praktis, Jogjakarta : Ar- Ruzz Media, 2014. Wiji
Suwarno, Perpustakaan dan Buku Wacana Penulisan dan Penerbitan, Jogjakarta: Ar- Ruzz Media, 2018.
DOI: https://doi.org/10.15548/jib.v7i1.271
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Zuraidah Zuraidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Alamat: Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang - Pascasarjana, Jalan Jenderal Sudirman No.15, Padang Pasir, Padang Barat, Kp. Jao, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25153
Email: admin@journal.pustakauinib.ac.id pustakapusatuinib@gmail.com