REINTERPRETASI PELAYANAN, PENGEMBANGAN, DAN KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP PERPUSTAKAAN BERBASIS DIGITAL

Nasrul Makdis, Zulfitri Zulfitri, Jendri Jendri

Abstract


This research aims to find out about the development of services provided by libraries so that they have a very good impact on users so that they can easily get information either manually or digitally. This research method uses a mixed method, namely a combination of qualitative and quantitative, then both data are analyzed according to the provisions and systematically. The results of this research show thatFirstThe services provided by the library are administration, guidance, general collections, opac, storage, references, takhrij hadith, journal series, scientific works, repositories, and so on.Second, the developments made are to trigger digital-based information literacy so that it is easy to obtain information such as multi-media and audio-visual, and journal services based on free internet access.Third, the user satisfaction level at the Tarbiyah & Teacher Training Faculty is 19%. Faculty of Usuluddin & Religious Studies by 14%. Meanwhile for the Sharia faculty it was 19%. Faculty of Da'wah & Communication by 19%. Faculty of Adab & Humanities at 19%. Then the Faculty of Economics & Business was 19%.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang perkembangan layanan yang dilakukan perpustakaan sehingga memberikan dampak yang sangat baik terhadap pemustaka sehingga dengan mudah mendapatkan informasi baik secara manual ataupun secara digital. Metode penelitian ini menggunakan metode campuran yaitu gabungan antara kualitatif dengan kuatitatif yang kemudian kedua data tersebut dianalisis sesuai dengan ketentuan dan sistematisnya. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pertama, pelayanan yang diberikan oleh perpustakaan adalah administrasi, bimbingan, koleksi umum, opac, tandon, referensi, takhrij hadis, serial jurnal, karya ilmiah, repositori, dan sebagainya. Kedua, perkembangan yang dilakukan adalah memicu kepada literasi informasi berbasis digital sehingga dengan mudah mendapatkan imformasi seperti multi media dan audio visual, dan layanan jurnal berbasis akses internet gratis.  Ketiga, tingkat kepuasan pemustaka Pada Fakultas Tarbiyah & Keguruan sebesar 19%. Fakultas Usuluddin & Studi Agama sebesar 14%. Sedangkan untuk fakultas Syari'ah sebesar 19%. Fakultas Dakwah & Komunikasi sebesar 19%. Fakultas Adab & Humniora sebesar 19%. Kemuidan Fakultas Ekonomi & Bisnis sebesar 19%.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, N. (2015). The role of the National Library in transforming libraries. Conference of Librarians for the Cyber World, Kuala Lumpur, 14–15.

Allison, D., DeFrain, E., Hitt, B. D., & Tyler, D. C. (2019). Academic library as learning space and as collection: A learning commons’ effects on collections and related resources and services. The Journal of Academic Librarianship, 45(3), 305–314.

Ari Fatmawati, SIP, Tri Mulyati, S IPust, Siti Musyarofah, S IPust, Nasyid Nurhasan, dan S Kom. 2020. “Penelitian Kepuasan Pemustaka

Perpustakaan Terhadap Kualitas Layanan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2020.” -.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitiaan Suatu Praktik. Jakarta: Rineke Cipta.

———. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fathmi, Fathmi. 2013. “Kajian Pengukuran Tingkat Kepuasan Pemustaka Terhadap Layanan Perpustakaan dan Informasi di Bidang Layanan Koleksi Umum Perpustakaan Nasional RI.” Media Pustakawan 20 (3): 46–55.

Huda, M., Santoso, H., & Rahayuningsih, S. (2017). Analisis Kualitas Layanan Perpustakaan Menggunakan Metode Kano Di Perpustakaan Universitas Kadiri. JATI UNIK: Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 1(1), 30.

Hartono, Hartono. 2016. Kompetensi Pustakawan Profesional.

Yogyakarta: Hak Cipta.

Islamy, M. A. (2016). Analisis tingkat kepuasan pemustaka tentang kualitas layanan perpustakaan dengan menggunakan metode libqual+ tm: studi deskriptif di perpustakaan pusat institut teknologi bandung. EDULIB, 1(75).

Kumara, P., & Acharya, S. (2022). Evaluation of Library Services and Facilities by the Students of BLDE (DU) during the Pandemic COVID-19: A Study. Evaluation.

Midgett-Nicholson, A. (2019). Engagement across the Globe: Academic Library Support of Study Abroad Students.

Mustika, Fitriya, dan Marlini Marlini. 2020. “Pengaruh Layanan

Perpustakaan Terhadap Kepuasan Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 2 Padang Provinsi Sumatera Barat.” JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi) 5 (2): 143–51.

Nugroho, A. A., & Isnainy, N. A. (2020). Penggunaan aplikasi OPAC untuk meningkatkan kualitas manajemen pelayanan perpustakaan. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 1(1), 33–53.

Puspa, Erny. 2016. “Analisis Kepuasan Pemustaka Terhadap Pelayanan Perpustakaan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan Budidaya.” J. Pari 2 (2): 113–25.

Scherlen, A., & McAllister, A. D. (2019). Voices versus visions: A commentary on academic library collections and new directions. Collection Management, 44(2–4), 389–395.

Yuliana, L., & Mardiyana, Z. (2021). Peran Pustakawan Terhadap Kualitas Layanan Perpustakaan. Jambura Journal of Educational Management, 53–68.

Rahayuningsih, Fransisca. 2017. “Pengelolaan perpustakaan.”

Rahma, Elva. 2018. Akses Dan Layanan Perpustakaan Teori Aplikasi. Kencana: Pustakaan Nasional.

Rodin, Rhoni. 2017. Pustakawan Profesional di Era Digital. Yogyakarta: Suluh Media.

Sugiyono, Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Sulistyo-Basuki.

Sugiyono, Sugiyono. 2017. Metode penelitian bisnis (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tim, UIN Imam Bonjol Padang, 2022. Panduan Pelayanan UPT Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang. Padang. UPT Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. 2007.




DOI: https://doi.org/10.15548/jib.v7i2.300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nasrul Makdis, Zulfitri, Jendri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat: Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang - Pascasarjana, Jalan Jenderal Sudirman No.15, Padang Pasir, Padang Barat, Kp. Jao, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25153

Email: admin@journal.pustakauinib.ac.id pustakapusatuinib@gmail.com