PARADIGMA PERPUSTAKAAN ERA KLASIK DAN MODERN (DIGITAL)
Abstract
Abstract: The more advanced civilization makes humans always innovate so they can continue to live. As is the case with libraries, with advances in technology and increasingly dynamic developments in the world of science and technology, of course the use of computerization or automation based for library management is inevitable. This digital thing makes library managers must be able to change their mindset and form of service, so that whatever is done and done is no longer done manually or in the traditional way. This indirectly demands library management resources in order to improve its ability to manage libraries which have been integrated with digital systems. In this paper, we will discuss the differences between traditional libraries or those that still use manual systems with modern (Digital) libraries and ways of looking at these two different eras.
Keywords: Library Paradigm, Modern Library, Classical Library
Abstrak : Semakin majunya peradaban membuat manusia senantiasa ber-inovasi agar tetap dapat melangsungkan kehidupan. Seperti hal nya perpustakaan, dengan majunya teknologi dan semakin dinamisnya perkembangan kemajuan IPTEK dunia, tentu penggunaan komputerisasi atau berbasis automasi untuk pengelolaan perpustakaan tidak dapat terhindarkan. Sesuatu yang serba digital ini membuat para pengelola perpustakaan harus mampu merubah pola pikir dan bentuk layanan mereka, sehingga apapun yang dilakukan dan dikerjakan tidak lagi dilakukan dengan cara manual atau dengan cara tradisional. Hal ini secara tidak langsung menuntut sumber daya pengelola perpustakaan agar dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengelola perpustakaan yang mana telah terintegrasi dengan system digital. Dalam tulisan ini akan membahas tentang perbedaan antara perpustakaan tradisional atau yang masih menggunakan system manual dengan perpustakaan modern (Digital) serta cara pandang dalam melihat kedua era yang berbeda ini.
Kata Kunci : Paradigma Perpustakaaan, Pustaka Modern, Pustaka KlasikFull Text:
PDFReferences
Al-Qur’annur Karim
A.M., Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta:
Bumi Aksara, 1993
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan
Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1999
Bafadal, Ibrahim, Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Jakarta:
Bumi Aksara, 1996
--------------------, Pengelolaan Perpustakaan Sekolah,
Jakarta: Bumi Aksaran, 1992
Basuki, Sulistiyo, Periodesasi Perpustakaan Indonesia, Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya, 1994
Darmono, Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah,
Jakarta: Grasindo, 2001
Depag RI, Buku Pedoman Perpustakaan, Jakarta: Biro Hukum dan
Humas Depag RI, 1992
----------------, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: Lubuk
ALung, 2000
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Bahasa
Indonesia, Jakarta: balai Pustaka, 2000
Dimyanti dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka
Cipta, 1999
Echols, Jhon M., dan Hasan Shadily, Kamus Inggris – Indonesia,
Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1997
Hadeli, Metode Penelitian Kependidikan, Padang: Baitul Hikmah
Press, 2001
Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi
Aksara, 1993
Hasibuan, SP., Melayu, Organisasi dan Motivasi Dasar
Peningkatan Produktivitas, Jakarta: Bumi Aksara, 1996
HS, Lasa, Membina Perpustakan Perpustakaan Madrasah dan
Sekolah Islam, Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2002
Manulang, M., Dasar-dasar Manajemen, Jakarta: Ghalia
Indonesia, 1999
Milburga, Larasati, dkk, Membina Perpustakaan Sekolah,
(Yogyakarta: Kasinius, 1986
Mudjito, Pembinaan Minat Baca, Jakarta: Universitas Terbuka,
Nasution, JS. , Didaktik Asas-asas Mengajar, Jakarta: Bumi
Aksara, 1995
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 1998
Rasady, Aminuddin, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta:
Uhamka Press, 2003
Ruslan, Rosady, Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi,
Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1998
Sabardi, Agus, Pengantar Manajemen, Yogyakarta: UPP AMP
YKPN, 1997
Shaleh, Rahman, Abdul, Manajemen Perpustakaan Perguruan
Tinggi, Jakarta: Universitas Terbukan, 1995
Soeatimah, Perpustakaan, Kepustakawanan dan Perpustakaan,
Yogyakarta: Kasinius, 1992
Soedibjo, Noerhayati, Pengeloalan Perpustakaan, Bandung:
Penerbit Alumni IKIP Bandung: 1987
Sou’yb, Joesoef, Sejarah Daulat Abbasiyah III, Jakarta: Bulan
Bintang, 1989
Staf Pengajar SMP Stelle Duce Tarakanita, Membina
Perpustakaan Sekolah, Yogyakarta: Kasinius, 1996
Sumantri, MT., Panduan Penyelenggaraan Perpustakaan
Sekolah, (Bandung: Remaja Rosdakarya, t.th
Sumardi, Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Universitas Gajah
Mada, 1989
Supriyadi, Pengantar Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan
Sekolah, Malang: t.p., 1982
Syamsuddin, Anwar, Peranan Pendidikan Pemakai terhadap
Pelayanan Perpustakaan Perguruan Tinggi, dalam Jurnal
Komunikasi dan Informasi Perpustakaan, “Al-Maktabah”, Vol. No.
, 2001
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung:
Remaja Rosdakarya, 1992
Terry, R., George, Dasar-dasar Manajemen, Jakarta: Bumi
Aksara, 1996
Tim Penyusunan Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan
Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka,
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan
Nasional dan Peraturan Pelaksanaannya, Jakarta: Tamita Utama,
DOI: https://doi.org/10.15548/jib.v2i1.31
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Imam Bonjol : Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright (c) Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang
Alamat: Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang - Pascasarjana, Jalan Jenderal Sudirman No.15, Padang Pasir, Padang Barat, Kp. Jao, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25153
Email: admin@journal.pustakauinib.ac.id pustakapusatuinib@gmail.com