REPRESENTASI DUTA BACA SUMATERA BARAT SEBAGAI IMAGE BRANDING TERHADAP MINAT KUNJUNG MAHASISWA KE PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI NEGERI

Ratnawita Ratnawita, Alfred Alfred, Susi Ratnasari, Amhar Amhar

Abstract


This research is motivated by the lack of student interest in reading literacy culture and visiting the library. The purpose of this study was to determine the effect of West Sumatra reading ambassadors as image branding on student interest in visiting the library. The research method used is mixed methods research with a concurrent embedded strategy model. The author sets quantitative methods as the primary model and qualitative methods as the secondary model. This is because quantitative research is used to measure the representation of West Sumatra Reading Ambassadors as Image branding on student visits to the Library at Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Indonesia and Universitas Negeri Padang. The results showed that the representation of reading ambassadors as image branding was able to increase the interest of visiting students of the tarbiyah and teacher training faculty of UIN Imam Bonjol and the faculty of education science of Padang State University, besides that the utilization of reading ambassadors had a significant influence with the percentage of tarbiyah and teacher training faculty of Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Indonesia 87.01%, while the faculty of education science of Padang State University 73%.

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya minat mahasiswa dalam budaya literasi baca dan mengunjungi perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh duta baca Sumatera Barat sebagai image branding terhadap minat kunjungan mahasiswa ke perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan jenis penelitian mix methods (metode kombinasi) dengan model concurrent embedded strategy. Penulis menetapkan metode kuantitatif sebagai model primer dan metode kualitatif sebagai model sekunder. Hal ini dikarenakan alam penelitian kuantitatif digunakan untuk mengukur representasi duta baca Sumatera Barat sebagai image branding terhadap kunjungan mahasiswa ke perpustakaan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Indonesia dan Universitas Negeri Padang. Hasil penelitian menunjukkan representasi duta baca sebagai image branding mampu meningkatkan minat kunjung mahasiswa fakultas tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Indonesia dan fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Padang, disamping itu pemanfaatan duta baca memiliki pengaruh signifikan dengan persentase fakultas tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Indonesia 87,01% dan fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Padang 73%.


References


Abdul Rahman Shaleh dan Muhbib Abdul Wahab, Abdul. (2004).Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam,Cet.1. Jakarta: Kencana.

A. Muri Yusuf. (2005). Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press

Arikunto, Suharsimi. (2016). Metodologi Penelitian.Jakarta : Rineka

Cipta Creswell, Jhon W. (2016). Research Design. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Keller, K.L.(1993). Conceptulizing, Measuring and Managing Consumer-Based Brand Equety. Journal ofmarketing, Vol.57

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2003). .Dasar-dasar Pemasaran,Ed.9,Jakarta:Indeks. Kotler, Philip. (1996). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan dan

Pengendalian,Ed.5, J ilid 1.Jakarta: Erlangga.

LasaHs. (2009). Kamus Kepustakawanan Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

L. Crow. A. Crow. (1998). Psychologi Pendidikan. edisi; terj. Yogyakarta : Nur Cahaya Mahmud, Dimyati. (2017). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta Andi offset

Muhammad Nurdin, (2013). Hubungan Promosi Perpustakaan Terhadap Minat KunjungPemustaka di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi. UIN Allaudiin Makasar: Repository.

Nurul Huda. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan PembelianMotorScuterMaticYamahaDiMakassar. Asy-Syarikah, Vol. 2 No.1

Rangkuty, Freddy. (2002). The Power Of Brand: Teknik Mengelola Brand EquityDanStrategy Perluasan Merek..Jakarta: Penerbit Gramedia.

Ridwan. (2004). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukmadinata, Nana Syaodih. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja

Rosdakarya

Wawancara dengan Bapak Fauzi, Kepala UPT Perpustakaan UIN IB Padang pada tanggal 15 September 2022 di Gedung Perpustakaan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Indonesia.

website resmi Nagari Duo Kota, 30 Agustus 2022 website Perpustakaan Nasional, 2017.




DOI: https://doi.org/10.15548/jib.v7i2.325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ratnawita Ratnawita, Alfred Alfred, Susi Ratnasari, Amhar Amhar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat: Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang - Pascasarjana, Jalan Jenderal Sudirman No.15, Padang Pasir, Padang Barat, Kp. Jao, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25153

Email: admin@journal.pustakauinib.ac.id pustakapusatuinib@gmail.com