MANAJEMEN KEBUTUHAN INFORMASI DOSEN DALAM MELAKSANAKAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus Pada Jurusan SKI Fakultas Adab IAIN Imam Bonjol Padang)

Nasrul Makdis

Abstract


To run the Tri Dharma of Higher Education, lecturers must at all times be able to access and update information quickly. Thus the lecturer will not miss the latest knowledge and information from students or from the general public. Without mastering information, the lecturer will look passive and "telmi" (late thinking). Especially in this highly competitive information technology era, information becomes very important so that lecturers continuously develop and deepen their knowledge. To meet the information needs of lecturers, it is needed a mechanism for access to information and information availability. Access to information requires the availability of infrastructure (telecommunications, electricity) and devices (hardware and software) as well as mastering the use of computers (computer literacy). the problem that often arises now is that there are several attitudes of lecturers in terms of finding information. There are among lecturers who are always actively seeking and finding various information. Meanwhile there are also lecturers who are passive, in the sense that said lecturer there is no desire in finding new information and knowledge, but it is enough to hold the knowledge as it is. However the situation must be said that every lecturer is not likely to neglect information, because that information is an academic and scientific need.nggi,


Full Text:

PDF

References


A.F, James, Manajemen, Jakarta: Erlangga, 1995

Anwar, Idochi, Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2003

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Aslam, Kemampuan Dosen dalam Melakukan Proses Perkuliahan di Fak. Tarbiyah IAIN Sumatera Utara, Medan, F. Tarbiyah: 2008

A. J, Linder, Today a Librarian, Tomorrow a Corporate Intelligence Profesional. Special Libraries Journal, Summer: New Jersey, 1992

Dale, Ernest, Manajement: Theory and Practice, Tokyo: Mc GrawHill Kogakusha, Ltd., 1973

Daulat P, Tampubolon, Perguruan Tinggi Bermutu: Paradigma Baru Manajemen Pendidikan. 2001

Davis, Gordon B., Kerangka Sistem Informasi Manajemen, Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo, 1991

Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahnya, (Jakarta: Yayasan Penyelenggara, Penterjemah/ Penafsir al-Quran, 1971.

______, Kebijakan Tahun 2004: Peningkatan Kualitas Akademik dan Administrasi PTAIN. Jakarta: Ditjen Bagais, 2004

______, Statuta Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Manado Tahun 2002. Jakarta: Ditpertais, 2002

Dewi, Fatma, Sejarah Jurusan SKI Fakultas Adab IAIN Imam Bonjol Padang, Padang: Skripsi Fak. Adab, 2002

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, Pedoman Beban Kerja Dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, 2010

Echols, John M. dan Hassan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta: Gramedia, 1996

Hadeli, Metode Penelitian, Padang: IAIN IB Press, 2002

Hasibuan, HS, Seputar Pendidikan Islam, Padang: Buku tidak terbit, 2009

______, Urgensi Informasi dan di tengah Kemajuan Zaman, Makalah, tp: 2008

Ibrahim, Kedudukan Informasi bagi Dosen, Internet: 2001

Irna, Tipe Dosen Pemalas, Surabaya, Tp: 2003

Koesnandar, Ade, Pelatihan Pemanfaatan TIK Untuk Pembelajaran Tingkat Nasional tahun 2008, Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Departemen Pendidikan Nasional, 2008

Kustono, Joko dkk, Pedoman Beban Kerja Dosen Dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, 2010

M, Hendrik, Tugas Dosen dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, Medan: Kumpulan Makalah Unimed, 2008

Manan, Abdul, Profesi Guru dan Dosen Antara Tanggungjawab dan Perlindungan Hukum, Makalah: 2009

Marzuki, Metode Riset, Jakarta: BPED, 1990

Massie, Joseph L., Essentials Of management, New Delhi: Prentice-Hall of India Private Limited, 1973

Merriam, S.B., Case Study Research in Education: a Qualitative Approach, San Francisco: Jossey-Bass Publishers, 1988

Moertini, Veronica S., Pengembangan Sistem dan Sarana Teknologi Informasi untuk Perguruan Tinggi Indonesia, Bandung: Biro Teknologi Informasi Universitas Katolik Parahyangan 2008: 1

Mubarok, Ahmad, Peranan Perpustakaan Sebagai Media Informasi, Garut: MAS Yayasan Bina Bangsa, 2007

Muslimah, Peranan Masyarakat Kabupaten 50 Kota Dalam Mendirikan Fakultas Adab di Payakumbuh, Padang: Skripsi, 1994

Nasir, Metodologi Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1998

Pendit, Putu Laxman, Penelitian Ilmu Perpustakaan dan Informasi: Suatu Pengantar Diskusi Epistemologi dan Matodologi. Jakarta: JIP-FSUI, 2003.

Perguruan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad 21. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Purwanto, Anang Fauzi, Upaya Peningkatan Pengelolaan dan Pelayanan Perpustakaan, Probolinggo: MTs Hidayat, 2009

Rasyid, Hamid, Makna Informasi dalam Kebutuhan Zaman, Medan: Kumpulan Makalah Unimed, 2008

Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005

S, Maulana, Manfaat TIK bagi Profesi Dosen. Jakarta, Tp: 2009

Syaffril, Muhammad. Perilaku Pencarian Informasi Melalui Koleksi Surat Kabar untuk Memenuhi Kebutuhan Informasi: Studi Deskriptif Tentang Perilaku Pencarian Informasi Melalui Koleksi Surat Kabar untuk Memenuhi Kebutuhan Informasi Mahasiswa di Perpustakaan UNISBA. Tidak diterbitkan. 2004.

Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: 2005

Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Grafindo Persada, 2000

Taylor, R. S. “Question negotiation and information seeking in libraries” dalam College and Research Libraries, (1968). 29, 178-189.

Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1990

Yousda, Ine I. Amirman, Penelitian dan Statistik Pendidikan, Bandung: Bumi Aksara, 1992

Yunus, Yulizal, (Ed), IAIN Imam Bonjol 30 tahun, Padang: IAIN Press, 1996

Yusup, Pawit M., Pedoman Praktis Mencari Informasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995




DOI: https://doi.org/10.15548/jib.v1i1.5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Imam Bonjol : Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat: Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang - Pascasarjana, Jalan Jenderal Sudirman No.15, Padang Pasir, Padang Barat, Kp. Jao, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25153

Email: admin@journal.pustakauinib.ac.id pustakapusatuinib@gmail.com