RANCANGAN PEMBUATAN VIDEO PROMOSI PERPUSTAKAAN PASCASARJANA UIN IMAM BONJOL PADANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR
Abstract
Abstract: The UIN Imam Bonjol Padang Postgraduate Library is a university library. Same is the case with other library problems, namely the lack of academic knowledge of facilities and services in the Library; affect the number of visits to the library. The need for good promotional media such as Video Promotions so that all facilities and services are known and utilized by users. To attract library users, a library promotion video design was made as a library of library information to users as a learning resource. Media Video Promotion which is produced in the future is expected to be able to give more value to the effectiveness of library promotion and the number of UIN Imam Bonjol Postgraduate Library Padang visits. Informing the library or promoting the library will display information that does not yet exist in other libraries such as library collections, called the IRAN Corner collection, can be prioritized in the form of video information media. The research method used is the development research method. Development research is a research method used to produce certain products and test the effectiveness of these products. The product of making a video promotion of the UIN Imam Bonjol Padang Postgraduate Library which has been carried out by field trials can already be used to help users in knowing how the quality of the library. The trial results show the product assessment of the six indicators obtained the lowest score of 86.5% and the highest score of 93.2%. A video has been designed for the Promotion of the UIN Imam Bonjol Padang Postgraduate Library as a promotional media for Librarians with content containing services and information available at the Imam Bonjol Padang Postgraduate UIN Library to attract interest in visiting the Library. Based on the results of field trials on six samples, the promotional video can already be used to promote the UIN Imam Bonjol Padang Postgraduate Library as a learning resource for users.
Keyword: Promotional Video, Library, Library, Learning Resources
Abstrak: Perpustakaan Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang merupakan perpustakaan perguruan tinggi. Sama halnya dengan permasalahan perpustakaan lain yaitu kurangnya pengetahuan civitas akamedika terhadap fasilitas dan layanan di Perpustaakaan ; berpengaruh terhadap jumlah kunjungan ke perpustakaan. Perlunya media promosi yang baik seperti Video Promosi agar semua fasilitas dan layanan diketahui dan dimanfaatkan pemustaka. Untuk menarik minat pemustaka, dibuat rancangan video Promosi Perpustakaan sebagai wadah informasi perpustakaan kepada Pemustaka sebagai sumber belajar. Media Video Promosi yang dihasilkan kedepan diharapkan dapat lebih memberi nilai efektifitas terhadap promosi perpustakaan dan jumlah kunjungan Perpustakaan Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang. Menginformasikan perpustakaan atau mempromosikan perpustakaan akan di tampilkan sebuah informasi yang belum ada diperpustakaan lain seperti koleksi perpustakaan, yang disebut koleksi IRAN Corner bisa lebih diutamakan dalam media informasi yang berbentuk video. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Produk pembuatan video promosi Perpustakaan Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang yang telahs dilakukan uji coba lapangan sudah dapat digunakan untuk membantu pemustaka dalam mengetahui bagaimana kualitas dari perpustakaan tersebut. Hasil uji coba menunjukkan penilaian produk dari enam indikator didapat skor terendah 86,5% dan skor tertinggi 93,2%. Telah dirancang sebuah video Promosi Perpustakaan Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang sebagai media promosi kepada Pustakawan dengan konten berisi jasa layanan dan informasi yang ada di Perpustakaan Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang untuk menarik minat kunjungan ke Perpustakaan. Berdasarkan hasil uji coba lapangan kepada enam orang sampel, video promosi sudah dapat digunakan untuk mempromosikan Perpustakaan Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang sebagai sumber belajar bagi pemustaka.
Kata Kunci: Video Promosi, Perpustakaan, Pemustaka,Sumber BelajarFull Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2013). Media Pembelaja-ran. Jakarta: Rajagrafindo.
Basuki, Sulistyo. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ispantoro. (2011). Teknik Informatika dan Sistem Informas. Jakarata: Erlangga.
Junaida. (2008). Strategi Promosi Per-pustakaan Perguruan Tinggi (Skripsi), Medan: Universitas Sumatera Utara.
Komalasari. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Kotler, Philip. (1997). Manajemen Pemasara, Analisis Perencanaan dan Pengendalian. Jakarta: Er-langga.
Mustika, B. (2014). Rancangan Pro-mosi Perpustakaan Berbasis Pre-zi Di Kantor Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi (Tugas Akhir), Padang: UIN Imam Bon-jol Padang.
Noer, (2009). Kegiatan Promosi di Perpustakaan Universitas Mu-hammadiyah Surakarta (Tugas Akhir), Surakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universi-tas Sebelas Maret Surakarta.
Pujiriyanto. (2009). Desain Grafis Komputer (Teori Grafis Komput-er). Yogyakarta: Andi Offset
Putri, R. (2015). Pembuatan Buku Pe-doman Perpustakaan STMIK In-donesia Padang. Padang.
Soetminah. (1991). Perpustakaan Kepustakawanan dan Pustaka-wan. Yogyakarta : Kanisius.
Sudarnoto, Abdul Hakim. (2005). Pengantar MAnajemen Per-pustakaan Madrasah, Jakarta : Fakultas Adab dab Humaniora UIN Syarif Hidayatullah.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuanti-tatif, Kualitatif, dan R&D). Ban-dung: Alfabeta.
Suherman. (2009). Perpustakaan Se-bagai Jantung Sekolah, Ban-dung: Mqs Publishing.
Supriyono, Rakhmat. (2010). Desain Komunikasi Visual Teori dan Ap-likasi. Yogyakarta: Andi Offset
Sutarno, NS. (2006). Manajemen Per-pustakaan, Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Gita Media Press.
Universitas Gunadarma. (2010) Jenis Video dan Media Penyimpanan. Bandung: Universitas Gunadarma.
Yusuf, P. M, & Suhendar, Y.(2007). Pedoman Penyelenggaraan Per-pustakaan Sekolah Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.15548/jib.v3i2.55
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Imam Bonjol : Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Alamat: Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang - Pascasarjana, Jalan Jenderal Sudirman No.15, Padang Pasir, Padang Barat, Kp. Jao, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25153
Email: admin@journal.pustakauinib.ac.id pustakapusatuinib@gmail.com