KEPUASAN PEMUSTAKA (Studi Kasus di Perpustakaan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Imam Bonjol Padang)
Abstract
Keywords: Satisfaction, Pemustaka
Abstrak : Kepuasan adalah suatu perasaan senang yang timbul dari diri seseorang disebabkan karena telah mencapai satu tujuan atau sasaran. Puas atau tidak puasnya seseorang bisa dilihat melalui hasil yang didapat dari pencarian kebutuhannya. Jika dia memperoleh apa yang dia butuhkan kepuasan itu akan timbul secara otomatis, karena dia mendapat kepuasan maka keinginan untuk datang kembali akan besar, begitu pula sebaliknya apabila keinginannya tidak terpenuhi maka dia kecewa / tidak puas secara otomatis dia tidak kembali. Karena keterbatasan waktu dan kemampuan penulis untuk mengetahui tingkat kepuasan pemustaka terhadap perpustakaan fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi penulis mengumpul data dengan metode wawancara. Wawancara adalah proses memperoleh keterangan berupa tanya jawab dengan sumber informasi yang berlansung dengan atau tanpa pedoman wawancara (Burhan Bungin, 2009: 108 ). Sampel yang diambil berdasarkan jumlah raaata-rata pengunjung setiap bulan selama satu tahun ( data diperoleh dari jumlah pengunjung dari bulan Januari s/d Desember 2015 ) yaitu berjumlah 7182/ 12 bln.= 598,5 dibulankan 599 pengunjung sebulan. Apabila sampel subjeknya kurang dari 100 diambil semuanya, apabila lebih dari 100 orang maka dapat diambil 10-15 % atau 20 – 25 %. Untuk mengumpulkan data penulis mengambil sampel yaitu sebanyak 60 pengunjung atau 10% dari jumlah rata-rata tiap bulan yang berjumlah 599 orang ( 10% X 599 orang = 59,9 dibulatkan menjadi 60 orang. Untuk mengukur tingkat kepuasan pemustaka penulis memakai metode skal interval dengan cara membagi selisih antara skor tertinggi dengan skor terendah dengan banyak skala.
Kata kunci : Kepuasan, Pemustaka
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsini, Prosedur Penelitian, suatu pendekatan praktek, Jakarta : Rineka Cipta, 1997
Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif, Jakarta : Kencana, 2009
Chaplin, D.J. Kamus Lengkaap Psikologi. Jakarta : PT RajaGrafido Persadaa, 2008
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta :Depdikbud. 1988
Hafiah.Pengantar Layanan Perpustakaan, Padang : Pustakinfo, 2009
Harsana, Lasa. Jenis-Jenis Pelayanan Informasi Perpustakaan, Yogyakarta : UGM Press, 1993
Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manuasia RI.Undang-Undang Republik Indonesia No. 43 tentang Perpustakaan, Jakarta : Kementrian Hukum dan Hak Azazi manusia RI, 2007
Saleh, Abdul Rahman, Manajemen Perpustakaan Perguruan Tinggi, Jakarta: Universitas Terbuka, 2008
Sulistyo, Basuki , Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta: Universitas Terbuka, 1993
Sumardji, P. Perpustakaan Organisasi dan Tata Kerjanya, Yogyakarta: Kanisius, 1983
Sutarno, Perpustakaan dan Masyarakat, Jakarta: yayasan Obor Indonesia, 2003
DOI: https://doi.org/10.15548/jib.v1i1.10
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Imam Bonjol : Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat: Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang - Pascasarjana, Jalan Jenderal Sudirman No.15, Padang Pasir, Padang Barat, Kp. Jao, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25153
Email: admin@journal.pustakauinib.ac.id pustakapusatuinib@gmail.com