PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR GENERASI Z DI SMK NEGERI 1 BASO

Sri Azizah, Gustina Erlianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar generasi Z di SMKN 1 Baso. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Terdapat dua informan dalam penelitian ini yaitu informan utama dan informan pendukung. Informan utama dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak lima orang dan satu orang pustakawan dan informan pendukung adalah guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengabsahan yang meliputi triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perpustakaan SMKN 1 Baso sebagai sumber belajar generasi Z sudah menjalankan perannya secara baik dengan segala keterbatasan yang ada yaitu kekurangan sumber daya dari beberapa aspek seperti koleksi dan sarana prasarana. (2) Perlu perhatian lebih dari pimpinan sebagai penentu kebijakan untuk terciptanya perpustakaan sekolah yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan informasi generasi Z yang menyukai hal berbau teknologi. (3) pimpinan di SMKN 1 Baso harus lebih meningkatkan dan memperhatikan support system yang berkaitan dengan perpustakaan sebagai sumber belajar.


Full Text:

PDF

References


Bencsik, A. (2016). Y and Z Generations at Workplaces. Journal of Competitiveness.

Darmono. (2007). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Fathurrohman, P. (2017). Strategi Belajar Mengajar : Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.

IFLA/UNESCO. (2001). The IFLA/UNESCO School Library Manifesto: the School Library in Teaching and Learning for All. Deen Haag: International Federation of Library Associantions.

Luthfiah, M. F. (2017). Metodologi Penelitian : Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus. Sukabumi: CV. Jejak.

Prastowo, A. (2012). anajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Yogyakarta: DIVA Press.

Rahadian, G. (2014). Peranan Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Budaya Gemar Membaca. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan.

Rahmawati, G. (2016). Buku teks pelajaran sebagai sumber belajar siswa di perpustakaan sekolah di sman 3 bandung. Edulib, 5(1). https://doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2307

Ramdhan. (2021). Metode Penelitian Deskriptig Kualitatif. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Fajar Interprtama Mandiri.

Sinaga, D. (2005). Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kreasi Media Utama.




DOI: https://doi.org/10.15548/jib.v6i2.228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat: Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang - Pascasarjana, Jalan Jenderal Sudirman No.15, Padang Pasir, Padang Barat, Kp. Jao, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25153

Email: admin@journal.pustakauinib.ac.id pustakapusatuinib@gmail.com