EKSISTENSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM KEGIATAN BELAJAR SISWA Di MTsN NAUMBAI AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR

Amhar Amhar

Abstract


Abstract: Reading is a very important issue for human life, because by reading someone can know what they don't know yet. In this context, MTsN Naumbai Air Tiris has provided library facilities for students to increase student motivation. But in reality, the role of libraries has not been able to provide learning motivation for students. Naumbai Air Tiris MTsN Kampar District already has a library building, but the condition is not yet supported by facilities and infrastructure, still not maximally providing motivation to students by the teachers. To be able to achieve the desired goals and functions of the library, which is to increase student motivation, it is best to increase the role and attention of school principals, abilities and guardians of library managers and of course on the part of students to utilize library facilities in increasing their knowledge and insight.

Keywords: Existence of Library, Student Learning Activities

Abstrak :  Membaca merupakan suatu persoalan yang sangat penting sekali lbagi kehidupan manusia, sebab dengan membaca seseorang dapat mengetahui apa yang belum mereka ketahui. Dalam konteks ini, MTsN Naumbai Air Tiris telah menyediakan fasilitas perpustakaan bagi siswa untuk meningkatkaan motivasi belajar siswa. Namun dalam kenyataannya, peran perpustakaan belum mampu memberikan motivasi belajar bagi sisiwanya. MTsN Naumbai Air Tiris Kecamatan Kampar telah memiliki gedung perpustakaan, namun kondisinya belum ditunjang oleh sarana dan prasarana, masih kurang maksimalnya memberikan motivasi kepada siswa oleh para pengajar. Untuk dapat mencapai tujuan dan fungsi perpustakaan yang diinginkan, yaitu meningkatkan motivasi belajar siswa, maka sebaiknyalah ditingkatkan peran dan perhatian kepala sekolah, kemampuan dan kehalian para pengelola perpustakaan dan tentunya dari pihak siswa untuk memanfaatakan fasilitas perpustakaan dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan wawasannya.

Kata Kunci : Eksistensi Perpustakaan, Kegiatan Belajar Siswa


Full Text:

PDF

References


Al-Qur’annur Karim

A.M., Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta:

Bumi Aksara, 1993

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan

Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1999

Bafadal, Ibrahim, Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Jakarta:

Bumi Aksara, 1996

--------------------, Pengelolaan Perpustakaan Sekolah,

Jakarta: Bumi Aksaran, 1992

Basuki, Sulistiyo, Periodesasi Perpustakaan Indonesia, Bandung:

PT. Remaja Rosdakarya, 1994

Darmono, Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah,

Jakarta: Grasindo, 2001

Depag RI, Buku Pedoman Perpustakaan, Jakarta: Biro Hukum dan

Humas Depag RI, 1992

----------------, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: Lubuk

ALung, 2000

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Bahasa

Indonesia, Jakarta: balai Pustaka, 2000

Dimyanti dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka

Cipta, 1999

Echols, Jhon M., dan Hasan Shadily, Kamus Inggris – Indonesia,

Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1997

Hadeli, Metode Penelitian Kependidikan, Padang: Baitul Hikmah

Press, 2001

Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi

Aksara, 1993

Hasibuan, SP., Melayu, Organisasi dan Motivasi Dasar

Peningkatan Produktivitas, Jakarta: Bumi Aksara, 1996

HS, Lasa, Membina Perpustakan Perpustakaan Madrasah dan

Sekolah Islam, Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2002

Manulang, M., Dasar-dasar Manajemen, Jakarta: Ghalia

Indonesia, 1999

Milburga, Larasati, dkk, Membina Perpustakaan Sekolah,

(Yogyakarta: Kasinius, 1986

Mudjito, Pembinaan Minat Baca, Jakarta: Universitas Terbuka,

Nasution, JS. , Didaktik Asas-asas Mengajar, Jakarta: Bumi

Aksara, 1995

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 1998

Rasady, Aminuddin, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta:

Uhamka Press, 2003

Ruslan, Rosady, Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi,

Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1998

Sabardi, Agus, Pengantar Manajemen, Yogyakarta: UPP AMP

YKPN, 1997

Shaleh, Rahman, Abdul, Manajemen Perpustakaan Perguruan

Tinggi, Jakarta: Universitas Terbukan, 1995

Soeatimah, Perpustakaan, Kepustakawanan dan Perpustakaan,

Yogyakarta: Kasinius, 1992

Soedibjo, Noerhayati, Pengeloalan Perpustakaan, Bandung:

Penerbit Alumni IKIP Bandung: 1987

Sou’yb, Joesoef, Sejarah Daulat Abbasiyah III, Jakarta: Bulan

Bintang, 1989

Staf Pengajar SMP Stelle Duce Tarakanita, Membina

Perpustakaan Sekolah, Yogyakarta: Kasinius, 1996

Sumantri, MT., Panduan Penyelenggaraan Perpustakaan

Sekolah, (Bandung: Remaja Rosdakarya, t.th

Sumardi, Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Universitas Gajah

Mada, 1989

Supriyadi, Pengantar Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan

Sekolah, Malang: t.p., 1982

Syamsuddin, Anwar, Peranan Pendidikan Pemakai terhadap

Pelayanan Perpustakaan Perguruan Tinggi, dalam Jurnal Komunikasi dan Informasi Perpustakaan, “Al-Maktabah”, Vol. No.

, 2001

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung:

Remaja Rosdakarya, 1992

Terry, R., George, Dasar-dasar Manajemen, Jakarta: Bumi

Aksara, 1996

Tim Penyusunan Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka,

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan

Nasional dan Peraturan Pelaksanaannya, Jakarta: Tamita Utama,




DOI: https://doi.org/10.15548/jib.v2i1.30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Imam Bonjol : Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat: Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang - Pascasarjana, Jalan Jenderal Sudirman No.15, Padang Pasir, Padang Barat, Kp. Jao, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25153

Email: admin@journal.pustakauinib.ac.id pustakapusatuinib@gmail.com