EVALUASI PEMANFAATAN KOLEKSI DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SITASI

Ratnawita Ratnawita

Abstract


Abstract: The role of libraries in supporting the implementation of Tri Dharma in Higher Education is very important, as the heart in the human body, the library is the heart of an Higher Education. Therefore, libraries in tertiary institutions must be able to provide library materials needed by the users (students and academics) in accordance with the university program where they take shelter through the use of collections. Collection is the main element in a library, because with the availability of collections, library functions can be carried out in meeting information needs. Whether or not the quality and quantity of a library collection can be measured one of them through citation analysis. By using a citation analysis illustrated and explained how often a scientific work (student thesis) majoring in PAI at the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training is quoted from the library collection. This type of research is a library research (research library) using a descriptive qualitative approach, which is describing events / problems as they are by looking at, reading and analyzing the citation collections of students majoring in PAI Faculty of Tarbiyah and Teaching UIN Imam Bonjol in 2017. The research results show citation analysis results from the use of thesis collections in the Tarbiyah and Teacher Training Faculty of UIN Imam Bonjol Padang show that the cited list of educational books and Islamic education is well categorized and fulfilled, although there are a number of Islamic religion books categorized as less fulfilled.

Keywords: Evaluation, Collection, Citation Analysis

Abstrak : Peran perpustakaan dalam menunjang terlaksananya Tri Dharma di Perguruan Tinggi sangatlah penting, sebagaimana jantung dalam tubuh manusia, perpustakaan merupakan jantung dari suatu Perguruan Tinggi. Oleh karena itu perpustakaan di perguruan tinggi harus dapat menyediakan bahan pustaka yang dibutuhkan oleh pemakainya (mahasiswa dan civitas akademika) sesuai dengan program perguruan tinggi tempatnya bernaung melalui pemanfaatan koleksi. Koleksi merupakan unsur utama dalam perpustakaan, karena dengan tersedianya koleksi maka fungsi perpustakaan dapat dilaksanakan dalam memenuhi kebutuhan informasi. Baik tidaknya kualitas dan kuantitas suatu koleksi perpustakaan dapat di ukur salah satunya melalui analisis sitasi. Dengan menggunakan analisis sitasi tergambar dan terjelaskan seberapa sering suatu karya ilmiah (skripsi mahasiswa) jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan disitir dari koleksi perpustakaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library riset) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu mengambarkan kejadian/masalah apa adanya dengan cara melihat, membaca dan menganalisis sitiran koleksi skripsi mahasiswa jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol tahun 2017. Hasil penelitian menujukkan dari hasil analisis sitasi dari pemanfaatan koleksi skripsi di perpustakaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang menunjukan bahwa daftar pustaka yang disitir yaitu buku-buku pendidikan dan pendidikan Islam terkategori baik dan terpenuhi, walaupun ada beberapa buku Agama Islam yang terkategori kurang terpenuhi.

Kata kunci : Evaluasi, Koleksi, Analisis Sitasi.


Full Text:

PDF

References


Andriani, J., 2002. Studi Kualitatif Mengenai Kriteria Menyitir

Dokumen : Kasus pada Beberapa Mahasiswa Program Pasca

Sarjana IPB dalam Jurnal Perpustakaan Pertenian, Vol. 12, No. 1.

Bungin, Burhan., 2009. Metodeologi Penelitian Kuantitatif:

Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial

Laiinya. Jakarta: Kencana

Perpustakaan Nasional RI. 1999. Pedoman Pengolahan Koleksi

Perpustakaan Perguruan Tinggi, Jakarta : Perpustakaan RI.

Hartinah, Sri. 2002. Analisis Sitiran (citiation analysis): Kumpulan

Makalah Kurus Bibliometrika:Masyarakat Informatika Indonesia.

Depok 20-23 Mei 2002

Lasa, Hs. 2007. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta:

Pinus

Mansjur Surya. 2005. Pemanfaatan Informasi di Balai Penelitian

dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian: Studi Kasus Empat

Propinsi. Dalam Jurnal Perpustakaan Pertanian, Volume. 14,

nomor 2.

Prianto, Joko Sugeng. 2008. Evaluasi Pemanfaatan dan

Ketersediaan Koleksi dengan menggunakan Analisisn Sitasi

terhadap Tesis Program Magister Teknik Sipil UII tahun 2007 di

Perpustakaan PMTS FTSP UII Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta:

Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Adab

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Qalyuby, Syihabuddin, dkk. 2007. Dasar-dasar Ilmu

Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu

Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Adab IAIN Sunan Kalijaga.

Rusina, Sjahrial-Pamuntak. 2000. Pedoman Penyelenggaraan

Perpustakaan, Jakarta, Djambatan.

Sudjana, Janti G. 2006. Mengoptimumkan Pengembangan

Koleksi. Bogor: Buletin Perpustakaan dan Informasi.

Sulistyo, Basuki. 2002. Babliometrika, Sainmetrika dan

Infometrika, Makalah Depok, Masyarakat Informatika Indonesia

(Kursus Bibliometrik).

Soetminah. 1991. Perpustakaan Kepustakawanan dan

Pustakawan. Yogyakarta: Kanisius

Sutarno, NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat, Jakarta :

Yayasan Obor Indonesia

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan

Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tim Penyusun. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta :

Balai Pustaka.

Yulia, Yuyu. 2002. Analisis Sitiran terhadap Disertasi. Kumpulan

Makalah Kursus Bibliometrika.: Masyarakat Informetrika

Indonesia. Depok 20-23 Mei 2002.




DOI: https://doi.org/10.15548/jib.v2i2.35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Imam Bonjol : Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat: Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang - Pascasarjana, Jalan Jenderal Sudirman No.15, Padang Pasir, Padang Barat, Kp. Jao, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25153

Email: admin@journal.pustakauinib.ac.id pustakapusatuinib@gmail.com