PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG MANAJEMEN PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI SMA EKASAKTI PADANG

zulvia trinova, Gusnita Sari Gusnita Sari, Rosdialena Rosdialena

Abstract


Abstract: Conditions found in the field are still found in many students who are less interested in visiting the library, even though students already understand and understand about the function of libraries in improving learning outcomes because not all sources are taken from the internet that can be trusted due to different religious understandings of someone . The facts found in the observations made by the students are more likely to use the internet due to easier access to obtain. The library function at Ekasakti High School is a supporting facility for learning. The services performed by library staff at Ekasakti High School have met library operational standards. The purpose of this study was students' perceptions about the management of the Ekasakti High School library services in Padang. This type of research is Field Research (Field Research) that is descriptive qualitative. The data sources of this study were students, principals and library staff. The results of the study describe the perceptions of students about the management of library services at Ekasakti High School in Padang. This can be seen from the services of library staff in accordance with the standard of library operations.

Keyword: Persepsi peserta didik, Manajemen layanan Perpustakaan

Abstrak: Kondisi yang ditemui di lapangan masih banyak ditemukan peserta didik yang kurang berminat mengunjungi perpustakaan, padahal peserta didik sudah paham dan mengerti tentang fungsi perpustakaan dalam meningkatkan hasil pembelajaran, karena sumber yang diambil dari internet tidak semuanya dapat dipercaya yang disebabkan pemahaman keagamaan seseorang yang berbeda-beda. Fakta yang dijumpai pada observasi yang penulis lakukan peserta didik lebih cenderung menggunakan internet disebabkan aksesnya yang lebih gampang diperoleh. Fungsi perpustakaan di SMA Ekasakti menjadi sarana penunjang dalam pembelajaran. Pelayanan yang dilakukan oleh petugas perpustakaan di SMA Ekasakti sudah memenuhi standar operasional perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah persepsi peserta didik tentang manajemen pelayanan perpustakaan SMA Ekasakti Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik, kepala sekolah dan petugas perpustakaan. Hasil penelitian mendeskripsikan tentang persepsi peserta didik tentang manajemen pelayanan perpustakaan SMA Ekasakti Padang sudah berjalan, ini terlihat dari pelayanan petugas perpustakaan sesuai dengan standar operasionalisasi perpustakaan.

Kata Kunci: Persepsi peserta didik, Manajemen layanan Perpustakaan


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Cet. 13

Bafadal, Ibrahim. 2003. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya, Jakarta

_______, 2006. Pengolahan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara. Cet V

Desmita. 2010.

Psikologi Perkembangan Peserrta Didik. Bandung: Remaja

Rosdakarya. Cet. II

Hadi, Sutrisno. 1997. Metodologi Research I. Yogyakarta: Fak. Psikologi UGM

Hafiah. 2009. Pengantar Layanan Perpustakaan. Padang, Pustakinfo. Cet. I

Hendri, Efrizal. 2008. Managemen Perpustakaan Sekolah. Padang: HMPII Pres

Mahmud, Dimyati. 1990. Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta: BPFE

Mardalis. 2008. Metode Penelitian “Suatu Pendekatan Proposal”. Jakarta: Bumi Aksara. Cet. 10

Marliany, Rosleny. 2010. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia

Nata, Abuddin. 2011. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Group. Cet. II

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

NS, Sutarno. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat, edisi 1, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Sutikno, Sobri. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect

Tafsir, Ahmad. 2008. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: PT Remaja Posdakarya,

Purwono, Sri suharmini. 2007. Perpustakaan dan Kepustakaan Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka. Cet. III




DOI: https://doi.org/10.15548/jib.v3i2.48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Imam Bonjol : Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat: Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang - Pascasarjana, Jalan Jenderal Sudirman No.15, Padang Pasir, Padang Barat, Kp. Jao, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25153

Email: admin@journal.pustakauinib.ac.id pustakapusatuinib@gmail.com