PELAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SELAMA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Pandemi covid-19 telah berlangsung selama kurang lebih delapan bulan lamanya di negara Indonesia. Berbagai kegiatan yang seharusnya dapat dilaksanakan secara langsung, harus dialihkan menjadi kegiatan daring, ditunda, atau bahkan ditiadakan terlebih dahulu. Kebijakan pemerintah yang mengharuskan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar pada masa awal menyebarnya covid-19 di Indonesia mengharuskan berbagai lembaga ditutup, termasuk lembaga pendidikan formal atau sekolah serta perguruan tinggi. Kebijakan mendadak tersebut memberikan berbagai macam hambatan yang cukup besar dalam berbagai aspek. Salah satu bagian yang juga harus menerima hambatan tersebut adalah perpustakaan. Perpustakaan yang berada di sekolah merupakan salah satu bagian yang ikut serta dalam proses penyebaran informasi dan ilmu pengetahuan di lingkungan sekolah. Layanan perpustakaan yang semula dapat dilaksanakan secara langsung dan leluasa, harus dialihkan kepada berbagai alternatif atau bahkan diberhentikan terlebih dahulu. Proses layanan sirkulasi yang terhambat mengharuskan pustakawan untuk memikirkan cara lain untuk memastikan kembali bahan pustaka yang dipinjam oleh pemustaka telah dikembalikan atau belum. Selain hal tersebut, selama masa pandemi covid-19 pemanfaatan media sosial juga menjadi salah satu jalan agar pelayanan di perpustakaan dapat terus dijalankan. Dengan adanya pandemi covid-19 juga, kegiatan yang telah direncanakan jauh-jauh hari juga harus dipikirkan kembali oleh pihak-pihak yang bersangkutan dalam proses penyelenggaraannya. Adaptasi pada kebiasaan baru juga ternyata telah menghasilkan berbagai inovasi di tengah-tengah masyarakat. Meski begitu, kegiatan yang dialihkan menjadi kegiatan daring juga menjadi salah satu alternatif yang dapat dipilih oleh masyarakat agar dapat menekan angka penyebaran covid-19 di Indonesia.
Full Text:
PDFReferences
ALA. (2008). Standards for distance learning library services. College and Research Libraries News, 69(9), 558–569. https://doi.org/10.5860/crln.69.9.8067
Amiyati, R. S. (2020). Mengenal S. R. Ranganathan, Bapak Ilmu Perpustakaan Asal India. Retrieved from pustakawan.perpusnas.go.id website: https://pustakawan.perpusnas.go.id/tokoh/1066/mengenal-s.-r.-ranganathan,-bapak-ilmu-perpustakaan-asal-india
Covid19.go.id. (2020). Vaksin Upaya Serius Negara Melindungi Masyarakat. Retrieved from Tim Komunikasi Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional website: https://covid19.go.id/berita/vaksin-upaya-serius-negara-melindungi-masyarakat
DeVrye, C. (2001). Good Service Is Good Business. Book-mart Press.
Hamiyah, N., & Jauhar, M. (2015). Pengantar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Indonesia, P. R. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 43 TAHUN 2007 TENTANGPERPUSTAKAAN. , 3 فصلنامه پژوهشهاي اقتصادي § (2007).
Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional (L. A. Mayani, Ed.). Jakarta: Sekretariat Tim GLN Kemendikbud.
Rahmah, E. (2018). Akses dan Layanan Perpustakaan: Teori dan Aplikasi (Cet. 1; I. Fahmi & Ria, Eds.). Jakarta: Prenada Media Group.
Sukaesih. (2020). Konsep dan Hakikat Layanan Informasi dan Perpustakaan.
Yuliawati, R. (2011). Layanan Bimbingan dan Konseling Berbasis Biblioterapi: Sebuah Upaya Pengembangan Perpustakaan Sekolah. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Retrieved from https://www.perpusnas.go.id/magazine-detail.php?lang=id&id=8166
DOI: https://doi.org/10.15548/jib.v5i1.95
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Alamat: Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang - Pascasarjana, Jalan Jenderal Sudirman No.15, Padang Pasir, Padang Barat, Kp. Jao, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25153
Email: admin@journal.pustakauinib.ac.id pustakapusatuinib@gmail.com